Jumat, 13 Maret 2020

Pokja KB Jeruk Ceria Kolaborasi dengan Dinkes Surabaya Berantas Nyamuk

Pemkot Surabaya melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) mengadakan kegiatan rutin Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di seluruh kecamatan se-Surabaya. Kegiatan ini merupakan bentuk antisipasi dan pencegahan penyakit demam berdarah dengue (DBD), yang ditularkan dari gigitan nyamuk Aedes Aegypty terutama di musim penghujan.
Tidak lupa Kecamatan Lakarsantri khususnya Kelurahan jeruk, yang hari ini Jum’at (13/3) melaksanakan kegiatan rutin pelaksanaan PSN, terlebih Kelurahan Jeruk yang juga menjadi lokasi Kampung KB yang saat ini sedang berbenah diri meciptakan lingkungan yang lebih bersih, sehat dan ramah anak.
Pemberantasan nyamuk haruslah dilakukan secara berkala karena kegiatan rutin ini adalah salah satu cara yang efektif untuk menekan angka penderita penyakit DBD. Karena itu, semua sektor dilibatkan dalam pencegahan ini. Mulai bu mantik (Ibu-ibu Pemantau Jentik), RT/RW, Puskesmas dan tentunya kesadaran dari warga sendiri untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan.Bu mantik merupakan mitra Puskesmas dalam mencegah dan menurunkan angka DBD. Selain itu, kader ini juga bertugas untuk memantau kondisi lingkungan sekitar, dari penyebaran penyakit. 
Jumantik bersama DPRD  Hari Santosa dan POKJA KB
 Di Keluarahan Jerukpelaksanaan PSN dilaksanakan setiap hari Jum’at, kader bu mantik dengan telaten memeriksa setiap rumah dan mengisi data laporan hasil pemeriksaan jentik, tak lupa juga setiap berkunjung ke rumah warga selalu mengingatkan untuk membersihkan bak penampungan air secara berkala.
Seperti yang diungkapkan salah satu bu mantik RW 2 Kelurahan Jeruk Kecamatan Lakarsantri, Bu Kartiasih mengungkapkan bahwa “Pencegahan lebih baik daripada pengobatan. Supaya warga terhindar dari penyakit demam berdarah  yang ditularkan oleh nyamuk Aedes Aygepty”.
Kabar baiknya adalah saat ini warga dilingkungan Kelurahan Jeruk yang merupakan lokasi Kampung KB sangat sadar tentang pentingnyamenjaga kebersihan lingkungan sekitar rumah masing-masing, warga juga selalu welcome saat ada petugas untuk memantau keberadaan jentik, dengan demikian sangat besar harapan kita semua untuk terhindar dari wabah DBD dimusim penghujan ini. 

Semangat Pokja KB Ceria dalam Pemberantasan nyamuk
Selain menjalankan program PSN, ibu-ibu di lingkungan Kelurahan Jeruk khususnya RW 2 juga menjalankan program PKK Kota Surabaya untuk mengisi buku dasawisma, “Dasawisma Teratai “ sebutan bagi dasawisma RW 2 sebagai kelompok terkecil dari kelompok-kelompok PKK memiliki peran strategis mewujudkan keluarga sejahtera. Untuk itu, di harapkan agar data yang tertuang di buku dasawisma menjadi sumber informasi banyak hal yang dapat dilakukan melalui dasawismaterutama dalam hal administrasi, dengan mengupdate data di setiap kepala keluarga, usaha perbaikan gizi keluarga dan keluarga berencana (KB). Dengan begitu Keberadaan dasawisma akan mempermudah koordinasi dan jaringan, data yang diperlukan untuk Kampung KB Jeruk Ceria juga bisa diperoleh dari hasil isian buku dasawisma, sehingga program-program PKK maupun yang melibatkan PKK dapat berjalan tepat sasaran.
Penulis Irawati Sekretaris Pokja Kampung KB Jeruk Ceria 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pokja KB Jeruk Ceria Kolaborasi dengan Dinkes Surabaya Berantas Nyamuk

Pemkot Surabaya melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) mengadakan kegiatan rutin Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di seluruh kecamatan se-Sura...